Selasa, 12 Juli 2011

Kendaraan masa depan dari YAMAHA

Satu lagi buah dari kecerdasan otak manusia yang mengagumkan. Deus ex machina, itulah sebuah motor konsep yang dirancang oleh Jake Loniak seorang mahasiswa art centre Pasaddena. Motor ini bisa diapakai layaknya baju, kayaknya kalau make motor kayak gini malah seperti robot, keliatan keren dan sexy. futuristik kayak di film-film aja. Deus ex machina ini dijamin bebas polusi, karena digerakkan dengan tenaga listrik. Caranya adalah dengan diharge selama 15 menit untuk dipakai selama 1 jam. 







Soal kecepatan, motor konsep ini bisa berakselerasi dari 0 sampai 60 Mph hanya dalam waktu tiga detik. 
 motor ini memiliki 36 otot pneumatik, bisa diparkir berdiri.
Namun untuk soal kenyamanan belum bisa dipastikan juga!
 
Bagi anda yang penasaran, anda bisa melihat videonya dibawah ini.

Senin, 11 Juli 2011

Perbandingan Mobil Pejabat MALAYSIA & INDIA VS MOBIL VS INDONESIA

Kali ini ane mau membahas mengenai mobil2 pejabat di India dibandingkan di Indonesia, oke langsung aja:


MOBIL PEJABAT INDONESIA
Toyota Crown Royal Salon


Mobil ini mendadak menjadi perbicangan dikalangan masyarakat Indonesia. Mobil yang katanya berharga Rp. 1,3 miliar ini merupakan fasilitas baru yang diberikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) kepada 34 anggota Kabinet Indonesia Bersatu II. Mobil ini memang termasuk kelas paling mewah dari Toyota. Di Jepang, mobil ini dipakai perusahaan untuk menjamu tamu-tamu penting mereka. Ia dianggap sekelas dengan BMW seri lima atau Mercedez-Benz seri E.
Pengadaan mobil Toyota Crown Royal Salon 2008 ini jelas menuai kritik. Ada yang bilang, kabinet belum menunjukkan prestasinya kok sudah diberi reward. Ada juga yang menyebutkan, fasilitas ini terlalu mewah ditengah rakyat yang sedang prihatin. Pemerintah dinilai tidak sensitif. Tapi tampaknya Presiden SBY ingin memanjakan para menterinya dengan kendaraan dinas yang lebih gres, lebih mewah, dan lebih berkelas.






Apakah mobil Toyota Crown Royal Salon ini sudah ‘pantas’ diberikan sebagai ‘reward’ bagi para menteri. Coba kita lihat dan bandingkan dengan negara ‘sejuta film’ India. Ekonomi India mampu tumbuh lebih dari 6 persen, sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan Indonesia yang tumbuh 4,4 persen. Dengan produk domestik bruto yang masih 1,3 triliun dollar AS, India sudah berani mencanangkan menjadi negara dengan kekuatan ekonomi terbesar di dunia tahun 2025. Lalu apakah jenis kendaraan yang digunakan oleh para menteri maupun Perdana Menteri India?

MOBIL PEJABAT DI INDIA
Tata Ambassador Karya Bangsa India





Kesederhanaan pejabat India. Itulah yang dengan semangat diceritakan Akbar Faizal, anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat, terkait dengan kunjungan kerja komisinya ke India. Kunjungan yang dilakukan pada 1-7 Mei 2011 itu antara lain untuk melihat penerapan kartu tanda penduduk elektronik di negara berpenduduk 1,3 miliar jiwa tersebut.

"Saya kagum dengan kesederhanaan pejabat India. Ketika berkunjung ke Kementerian Dalam Negeri India, kantornya ternyata hanya tiga lantai. Saat itu kami datang memakai jas, tetapi menteri yang kami temui ternyata hanya memakai pakaian sederhana khas India dan bersandal. Kami sampai malu sendiri," kenang Akbar, politikus dari Fraksi Partai Hati Nurani Rakyat ini.

Akbar juga mengaku kaget dengan mobil dinas pejabat India, yaitu Tata Ambasador. Mobil dinas yang merupakan produksi nasional India ini bentuknya seperti mobil Fiat produksi Italia tahun 1970-an. Mobil tersebut juga wajib berwarna putih agar dapat meredam cuaca panas di India.

"Jika memakai kurs rupiah, harga mobil Ambasador itu hanya sekitar Rp 100 juta," kata Akbar. Harga mobil itu tidak ada 10 persen dari harga Toyota Crown Royal Saloon, yang menjadi mobil dinas pimpinan MPR/DPR/DPD dan para menteri, yang harga tiap unitnya lebih dari Rp 1 miliar.

Malik Haramain, anggota Komisi II DPR dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa, menambahkan, pejabat di India juga dapat membedakan urusan dinas dan urusan pribadi. "Sebagian pejabat di India juga kaya karena punya usaha lain. Namun, jika melakukan urusan dinas, mereka memakai mobil Ambasador meski di rumah punya mobil yang lebih mewah," ujarnya.

Namun, sebelum pergi ke India untuk mendapatkan pelajaran sederhana itu, Komisi II DPR tidak memberitahukan terlebih dahulu kepada rakyat. Padahal, telah ada kesepakatan bahwa sebelum melakukan kunjungan kerja ke luar negeri, semua alat kelengkapan di DPR harus mengumumkan terlebih dahulu acara tersebut.

Pelajaran sederhana dari India tersebut juga diperoleh dengan menghabiskan anggaran negara sekitar Rp 453 juta, atau lebih dari cukup untuk membeli empat mobil Tata Ambasador. Biaya kunjungan kerja itu juga cukup untuk membeli sedan Proton Perdana, mobil semua pejabat Malaysia hingga menteri. Harga mobil dengan merek Malaysia itu sekitar Rp 360 juta.


"Bagaimana rakyat kami dapat percaya dan menghargai produk nasional jika para pemimpin kami tidak memberi contoh dengan memakai produk tersebut?" jawab Eng Hock, rekan wartawan dari Malaysia saat ditanya alasan penggunaan mobil Proton Perdana oleh pejabat Malaysia.

Dengan menunggang Proton Perdana, para pemimpin Malaysia dapat mengelola negara itu hingga menjadi salah satu negara Asia yang cukup stabil dan relatif makmur. Para pejabat India yang biasa menaiki Tata Ambasador juga berhasil membawa India menjadi menjadi salah satu negara yang berhasil menguasai teknologi maju.
PROTON MOBIL PEJABAT MALAYSIA:
 
 

Lalu apa yang dihasilkan pemimpin Indonesia yang biasa menaiki mobil dinas Toyota buatan Jepang dan Mercedes Benz dari Jerman? Apakah rasa malu itu cuma untuk publisitas atau benar-benar akan terealisasi dalam perilaku? Kita
lihat saja!

TOYOTA CROWN SALOON = 1,3 MILYAR (Indonesia)
TATA AMBASSADOR = <100jt (India)
PROTON PERDANA = 300 Jtan (Malaysia)

India pake TATA karya anak bangsa sendiri
Malaysia pake PROTON karya anak bangsa sendiri
Indonesia pake TOYOTA buatan JEPANG atau Mercedez Benz buatan Jerman??

Inilah bangsa kita tercinta, pejabat dengan fasilitas WAH ternyata tidak sebanding dengan apa yang dihasilkan

Marilah contoh negara India atau mungkin Malaysia , walau fasilitasnya tidak semewah Indonesia tapi lebih menghasilkan daripada pejabat di Indonesia, terbukti India menjadi salah satu raksasa ekonomi dunia.

Apa kata dunia???


 http://yafi20.blogspot.com/2011/06/perbandingan-mobil-pejabat-malaysia.html#ixzz1QR949Rn3

Kendaraan terbesar didunia

Luar biasa, kendaraan besar yang tidak bisa anda lihat dalam kehidupan sehari-hari atau dengan kata lain, special purpose vehichle (kendaraan yang diciptakan untuk pekerjaan khusus). karena penciptaan mesin-mesin raksasa sehingga banyak mega proyek direalisasikan dengan mudah dan efisien.

Mari kita lihat beberapa kendaraan terbesar di dunia/mesin yang pernah dibuat. Kebanyakan kendaraan besar yang ditampilkan untuk menggali dan untuk keperluan pertambangan

1. Liebherr hydraulic shovel (salah satu hidraulic excavator terbesar di dunia )



liebherr hydarulic shovel raksasa ini di produksi oleh libher group, komplek perusahaan manufaktur jerman, dan salah satu terbesar di dunia untuk tipe sejenis. Alat ini digunakan untuk pekerjaan berat di pertambangan terbuka. kendaraan ini memiliki berat 656 ton. Dengan mesin diesel cummins K 180 E, 16 cylinder dan kapasitas 50,3 liter mampu menghasilkan daya sebesar 3000hp pada putaran mesin 1800rpm, sedangkan kekuatan untuk menggali tanah adalah 1.500 kN. Kapasitas tangki bahan bakar adalah 13.000 liter sedangkan kapasitas tangki hidraulik adalah 4.600 liter, dan tekanan maksimum hidraulik adalah 350bar. volume bucket sampai dengan 36 m3, atau setara dengan 60ton sekali muatan.

2. Caterpillar 797f (truk dengan muatan terbanyak)


truk besar ini nampak seperti sebuah rumah, dibuat oleh pabrik caterpillar asal amerika serikat. truk ini 

dibuat untuk keperluan pertambangan dengan produksi yang sangat tinggi dan untuk konstruksi berat. kapasitas muatan dari truk merupakan salah satu yang tertinggi dan terbesar di dunia. model ini diperkenalkan pada tahun 2008 dan memasuki produksi penuh pada tahun 2009. model terbaru ini jauh lebih besar dan kuat dibandingkan dengan model sebelumnya yaitu seri 797b dan memiliki kapasitas daya angkut sebesar 400 ton sedangkan yang seri 797B cuman sebesar 380ton.


3. Komatsu D575A Superdozer (buldozer terbesar yang pernah dibuat saat ini)



Komatsu D575A Superbuldozer dibuat oleh komatsu jepang Ltd adalah buldoser terbesar saat ini yang pernah dibuat. buldoser ini digunakan pada pertambangan batubara strip mining pita di amerika utara, ini lebih efisien daripada menggunakan drag line pada pertambangan tersebut. buldoser ini mempunyai tinggi 4.88 meter dan panjang 11.72m dan menjadikannya buldoser terbesar dan terkuat di dunia..


4. Mobile Launcher Platform



The mobile launcher platform atau MLP merupakan kendaraan angkut satelit raksasa yang mempunyai berat 8,23 juta pond apabila dibongkar, mempunyai berat sekitar 11 juta pound lengkap dengan satelit diatasnya.kendaraan ini mempunyai dimensi panjang 160 kaki (49m) lebar 135 kaki(41m) dan tinggi sekitar 25 kaki(7,6m), adalah salah satu dari tiga struktur dua lantai yang digunakan oleh NASA untuk mendukung stack shutlle selama transportasi dari pabrik untuk diluncurkan di Pad 39-A kennedy space center, dan juga bisa sebagai kendaraan peluncur roket.

5. Volvo NH15 Tanker BP (Salah satu truk terpanjang di dunia)



Volvo NH15 BP Tanker Road Train adalah sebuah truk konsep yang digunakan di daerah terpencil di argentina, australia, mexico, amerika serikat dan kanada untuk memindahkan beban besar secara efisien. Diaustralia kendaraan ini sering disebut road train, sedangkan di amerika dan kanada sering disebut "triples", "turnpike double" atau "rocky mountain doubles". Di produksi oleh perusahaan volvo pada tahun 1998.


6. TEREX 33-19 Titan (Salah satu truk bermuatan terbanyak dan terbesar yang pernah dibuat)



TEREX 33-19 "Titan" adalah salah satu truk bermuatan terbesar yang beroperasi sampai tahun 1998. Jika bermuatan penuh truk ini bisa mencapai kecepatan 29.8 mph.Dirancang dan dibangun oleh divisi TEREX dari perusahaan general motor pada tahun 1973,dan setalh 13 tahun beroperasi terex titan ini sekarang di museumkan dan dipajang di sparwood British Columbia Kanada. Terex 33-19 adalah versi terbesar dari seri 33 TEREX haulers off-road.

7. Big Bud 747 (Tractor pertanian Terbesar Dunia) 

Dengan panjang 27 kaki lebar 20 kaki dan tinggi 14 kaki dan mempunyai berat 100.000 pounds, big bud 747 atau 16-V 747, adalah traktor terbesar di dunia, dibuat pada tahun 1977 di montana amerika serikat. Kegunaan utama traktor ini adalah untuk membajak lahan pertanian. Traktor ini dapat memupuk lahan pertanian seluas 60 hektar per jam dengan kecepatan 8 mph.

8."kapten" Marion 6360 (kendaraan darat terbesar yang pernah dibuat)


Dengan berat total 28 juta pounds, kapten adalah excavator dengan kekuatan terbesar di dunia. Mesin raksasa ini dibangun oleh perusahaan listrik marion shovel pada tahun 1965. kapasitas dari bucket (ember) dapat mengakat atau mengangkut material seberat 300 ton. "Kapten" merupakan satu dari dua kendaraan terbesar di darat yang pernah dibangun, dan setelah lama beroperasi akhirny di pensiunkan pada tahun 1992.


9. 1850B Bucyrus-Erie "Big Brutus" (Shovel terbesar kedua di dunia)


1805B Bucyrus-Erie yang dijuluki "big brutus" mempunyai tinggi 49m dan berat 11juta pounds adalah sekop listrik terbesar kedua didunia, digunakan dari tahun 1960-1970. Saat ini dipamerkan di museum pertambangan dan mineral barat, di kansas amerika serikat. Kapasitas bucket (ember) sekitar 150 ton dan mencapai kecepatan maksimum 0,22 mph, dan pada tahun 1962 harganya sekitar 6.5 juta dollar.

Sejarah Las dan Jenis-jenisnya

Sejak sekitar 5000 tahun yang lalu, manusia telah mampu melakukan pengelasan. Pengelasan dilakukan dengan menyambung logam dengan cara memanaskan dua buah logam sampai mencapai titik leleh dari logam tersebut. Kemudian dua logam tadi akan ditumpuk dan kemudian dipalu untuk membentuk ikatan yang kuat. Salah satu bukti ditemukan di Lembah daerah Kerajaan pada tahun 1922 yang mengisyaratkan bahwa peti jenazah Raja Tutankhamen diperkirakan dibuat sekitar tahun 1360 SM dengan melibatkan proses pengelasan.


Api untuk memanaskan logam tersebut diperoleh dari pembakaran kayu atau arang, teknik ini dinamakan teknik las tempa. Namun cara semacam ini tentu akan memakan banyak waktu dan sangat tidak praktis. Selama berabad-abad, las tempa dipakai sebagai proses utama untuk menyambung logam tanpa banyak mengalami perkembangan.

Perkembangan Jenis- Jenis Pengelasan

Las Busur Listrik (Elekctric Arc Welding)

Setelah energi listrik ditemukan maka perkembangan proses pengelasan berjalan dengan pesat. Pada tahun 1885 alat-alat las busur listrik (Elekctric Arc Welding) ditemukan oleh Bernardes. Las busur listrik dengan electrode carbon batangan tanpa pembungkus dengan menggunakan baterai sebagai sumber tenaga listrik. Kelemahan utama proses las listrik carbon adalah oksidasi yang cukup tinggi pada las yang menyebabkan las menjadi mudah berkarat karat, sehingga teknik las ini tidak lagi dipakai.

Las Tahanan (Resistance Welding)

Pada waktu yang hampir bersamaan, tepatnya pada tahun 1877, seorang ahli fisika dari Inggris bernama James Joule, menemukan las tahanan (Resistance Welding). Pada tahun 1856 dia memanaskan dua batang kawat dengan aliran listrik. Selama proses pemanasan, kedua kawat tersebut ditekan satu sama lain. Ternyata kedua kawat tersebut saling terikat setelah selesai dipanaskan. Las tahanan mencapai perkembangan yang pesat setelah diciptakan berbagai jenis robot. Untuk memenuhi kebutuhan dikembangkan berbagai bentuk las tahanan listrik yang meliputi las titik, interval, seam (garis) dan proyeksi. Las ini dalam prosesnya menerapkan panas dan tekanan. Electrode berfungsi sebagai penyalur arus dan penekanan benda yang dilas berbentuk plat. Pada perkembangan selanjutnya, resistane welding menghasilkan beberapa jenis proses pengelasan, seperti las kilat (Flash Welding) pada tahun 1920.

Las Thermit (Thermit Welding)

Pada dekade berikutnya, diperkenalkan las thermit (Thermit Welding). Las thermit diperoleh dengan menuangkan logam cair diantara dua ujung logam yang akan disambungkan sehingga ikut mencair. Setelah membeku kedua logam menyatu dan cairan logam yang dituangkan berfungsi sebagai bahan tambah.

Las Oksigen Acetylene (Oxygen Acetylene Welding)

Pada tahun 1892 gas acetylene ditemukan oleh Thomas Leopard Wetson. Campuran gas acetylene dan oksigen dengan perbandingan dan tekanan tertentu bila dibakar akan menghasilkan suhu yang cukup tinggi untuk dapat melelehkan logam. Gas oksigen diproduksi dengan cara mencairkan udara sehingga oksigen murni dapat diambil. Cara ini dilakukan oleh Brins bersaudara, yaitu orang Perancis pada tahun 1886. Alat untuk membakar campuran gas acetylene dan oksigen dinamakan brander, ditemukan oleh Fouche dan Picord. Alat ini mulai digunakan pada tahun 1901. Las ini berhasil menggeser pemakaian las tempa dan mendominasi proses pengelasan untuk beberapa dekade sampai dikembangkan las listrik.

Pada tahun 1925 las oksigen acetylene digeser oleh adanya perbaikan las busur listrik dimana las busur tersebut memakai electrode terbungkus. Setelah terbakar, pembungkus electrode menghasilkan gas dan terak. Gas melindungi kawah las dari oksidasi pada saat proses pengelasan sedang berlangsung. Terak melindungi las selama proses pembekuan hingga dingin (sampai terak dibersihkan). Keterbatasan las busur electrode batangan adalah panjang ektode yang terbatas sehingga setiap periode tertentu pengelasan harus berhenti mengganti electrode.

Bertitik tolak dari kelemahan tersebut maka pada akhir tahun 1930-an diciptakan las busur electrode gulungan. Secara prinsip, pengelasan tidak perlu berhenti sebelum sampai ujung jalur las. Dan pengelasan dapat dilakukan dengan cara semi otomatis atau otomatis. Sebagai pelindung dipakai flux. Flux dituangkan sesaat di muka electrode sehingga busur nyala listrik terpendam oleh flux. Keuntungannya, operator tidak silau oleh busur nyala listrik, kelemahannya, las terbatas pada posisi di bawah tangan saja pada posisi lain flux akan jatuh berhamburan sebelum berfungsi.

Las TIG (Tungsten Inert Gas)

Pada tahun 1941 di Amerika ditemukan electrode Tungsten. Tungsten tidak mencair oleh panasnya busur nyala listrik sehingga tidak terumpan dalam lasan. Sebagai pelindung dipakai gas inti (Inert) yang untuk beberapa saat dapat bertahan pada kondisinya. Gas inti disemburkan ke daerah las sehingga las terhindar dari oksidasi. Karena menggunakan las inti sebagai bahan pelindung, las ini sering disebut las TIG (Tungsten Inert Gas).

Keberhasilan pemakaian gas inti pada alas tungsten dicoba pula pada alas elektroda gulungan pada awal tahun 1950-an. Proses ini selanjutnya disebut Gas Metal Arc Welding (GMAW) atau las MIG (Metal Inert Gas). Karena gas argo sangat mahal maka dipakai gas campuran argon dan oksigen atau gas CO yang cukup aktif. Las ini biasa disebut dengan Metal Aktif Gas (MAG). Dapat pula dipakai pelindung campuran argon dengan CO selama tidak lebih dari 20% hasilnya cukup baik karena tidak meninggalkan terak. Perlu diketahui bahwa gas pelindung sangat mahal, maka cara tersebut hanya dipakai untuk keperluan khusus.

Las Busur Berinti Flux (Flux Core Arc Welding)

Berikutnya ditemukan las busur electrode gulungan dengan pelindung lasan berupa serbuk. Supaya dapat dipakai pada segala posisi, elektroda dibuat berlubang seperti pipa untuk menempatkan flux. Proses ini lebih murah dari pada las busur gas, dapat untuk segala posisi dan teknik pengelasan dapat dikembangkan secara semi otomatis atau otomatis penuh las ini disebut las busur berinti flux (Flux Core Arc Welding).

Las Stud (Stud Welding)

Selanjutnya ada elektroda sebagai komponen yang akan dipasang pada bagian lain. Las ini disebut las stud. Stud terpasang pada benda utama melalui tiga tahap yaitu tata letak posisi, pencarian ujung stud dan benda utama dan penekanan stud pada benda utama sesaat setelah busur nyala dimatikan.

Las Induksi (Induction Welding)

Setelah itu dikembangkan las listrik frekuensi tinggi yaitu 10.000 sampai 500.000 Hz. Las listrik frekuensi tinggi sering disebut las induksi. Ditinjau dari proses penyatuan benda yang dilas, las ini termasuk las padat yang dibantu dengan panas untuk memecah lapisan oksidasi atau kotoran pada permukaan benda yang dilas. Panas yang dihasilkan sangat tipis di permukaan benda yang dilas sehingga las ini sangat cocok untuk plat tipis.

Las Electron (Electron Beam Welding)

Pada tahun 1950-an , energi listrik diubah menjadi seberkas electron yang ditembakkan pada benda yang akan dilas. Panas yang dihasilkan lebih besar dan dimensi bekas electron jauh lebih kecil dari busur nyala listrik, proses pengelasan sangat cepat sehingga sangat cocok untuk produksi masal. Daerah panas menjadi lebih sempit sehingga sangat cocok untuk bahan yang sensitif terhadap perubahan panas. Kualitas las sangat baik dan akurat, hanya saja peralatannya sangat mahal. Cara ini biasa disebut las electron (Electron Beam Welding).

Las Gesek (Friction Welding)

Pada tahun 1950, AL Chudikov, seorang ahli mesin dari Uni Sovyet, mengemukakan hasil pengamatannya tentang teori tenaga mekanik dapat diubah menjadi energi panas. Gesekan yang terjadi pada bagian-bagian mesin yang bergerak menimbulkan banyak kerugian karena sebagian tenaga mekanik yang dihasilkan berubah menjadi panas. Chudikov berpendapat, proses demikian mestinya bisa dipakai pada proses pengelasan. Setelah melalui percobaan dan penelitian dia berhasil mengelas dengan memanfaatkan panas yang terjadi akibat gesekan. Untuk memperbesar panas yang terjadi, benda yang dilas tidak hanya diputar, tetapi juga ditekan satu terhadap yang lain. Tekanan juga berfungsi mempercepat fusi. Cara ini disebut las gesek (Friction Welding).

Las Busur Plasma (Plasma Arc Welding)

Las busur plasma (Plasma Arc Welding). Proses plasma sebenarnya merupakan penyempurnaan las tungsten, hanya saja busur nyala listrik tidak muncul diantara elektroda dengan benda yang akan di las, tetapi muncul antara ujung elektroda dengan gas inti yang mengalir di sekitarnya. Las plasma ternyata lebih baik dari las tungsten karena busur nyala listrik yang muncul lebih stabil dengan diameter lebih kecil sehingga panasnya lebih terpusat. Proses pengelasan bisa berjalan dengan lebih cepat, disamping itu tungsten tidak pernah menyentuh benda yang dilas.

Las Ultrasonik (Ultrasonic Welding)

Awal tahun 1960 ditandai dengan penemuan las yang menggunakan suara frekuensi tinggi (Ultrasonic Welding). Las ini juga menggunakan listrik dalam proses kerjanya, tidak ada aliran listrik pada benda yang dilas, panas yang ditimbulkan semata-mata hasil proses dan sifatnya hanya membantu dalam proses penyatuan benda yang dilas. Suara yang digunakan berkisar antara 10.000 sampai 175.000 Hz, getaran suara disalurkan melalui sosotrode yang dipasang pada benda yang dilas. Kemudian tekanan diterapkan pada benda yang dilas selama proses. Kelebihan proses ini adalah sesuai untuk benda tipis dan tidak terpengaruh jenis bahan yang disambungkan. Tidak dipakainya energi panas sebagai energi utama merupakan kelebihan sendiri pada bahan tertentu dan tipis, hanya saja kurang berhasil untuk ketebalan benda yang dilas diatas 2,5mm x 2.

Las Ledakan (Exsplosive Welding)

Las ledakan (Exsplosive Welding) dikembangkan dari pengamatan seseorang dimasa Perang Dunia I, dimana terdapat pecahan-pecahan bom yang melekat kuat pada logam lain yang tertumbuk. Carl dalam penelitiannya menyimpulkan bahwa pecahan bom tersebut menempel karena efek jet pada saat terjadi tumbukan. Efek jet mampu membersihkan kotoran yang melekat pada permukaan kedua benda sehingga terjadi kontak antar atom kedua benda dan menghasilkan ikatan yang cukup kuat.

Las Laser (Laser Welding)

Pada tahun 1955 para ahli fisika berhasil menemukan sinar laser, secara sederhana dapat dikatakan sinar yang diproduksi pada panjang gelombang tertentu dan paralel, kemudian diperbesar, sinar tersebut selanjutnya akan difokuskan. Panas yang dihasilkan pada titik fokus sangat tinggi. Menjelang tahun 1970, laser mulai diterapkan pada alas, laser sebagai sinar dapat diatur secara akurat sehingga las laser sangat sesuai untuk peralatan-peralatan khusus. Las laser dapat dipakai untuk mengelas benda-benda dengan ketebalan 0,13 mm sampai 29 mm pada kecepatan geser berkisar dari 21 mm/dt sampai 1,2 mm/dt. Persoalan yang timbul pada alas laser sama halnya dengan las electron, kerenggangan benda yang dilas sangat kecil antara 0,03 sampai 0,15.

Perbedaan Mengelas, Membrasing dan Menyolder

Mengelas

Mengelas adalah menyambung dua bagian logam atau lebih dengan jalan memanaskan bagian logam yang akan disambung beserta bahan tambahannya (bila menggunakan) sehingga mencapai titik cair logam tersebut kemudian keduanya dipadukan sehingga dapat bercampur satu dengan yang lain, dan setelah dingin sambungan akan menyatu dengan kuat.

Membrasing

Membrasing termasuk cara menyambung logam, hanya kalau di sini benda yang akan disambung dipanaskan sampai di atas 475 derajat celcius di bawah titik cairnya. Bahan tambahnya yang digunakan biasanya dari logam non ferro, misalnya kuningan atau perak. Agar hasil pembrasingan baik, maka perlu menggunakan flux.

Menyolder

Adalah suatu cara menyambung dengan menggunakan logam pengisi. Biasanya logam pengisi mempunyai titik cair yang lebih rendah dari logam yang akan disolder. Untuk mencairkan logam pengisi tidak digunakan api langsung ke benda yang akan disambung, melainkan menggunakan solder yang dipanasi terlebih dahulu. Panas yang diperlukan kira-kira di bawah 450 derajat celcius. Logam pengisi yang digunakan adalah dari bahan paduan timbal.

Pada industri minyak bumi, sebagian besar pompa yang digunakan dalam fasilitas gathering station, suatu unit pengumpul fluida dari sumur produksi sebelum diolah dan dipasarkan, ialah pompa bertipe sentrifugal. Gaya sentrifugal ialah sebuah gaya yang timbul akibat adanya gerakan sebuah benda atau partikel melalui lintasan lengkung (melingkar).
Prinsip-prinsip dasar pompa sentrifugal ialah sebagai berikut:
  • gaya sentrifugal bekerja pada impeller untuk mendorong fluida ke sisi luar sehingga kecepatan fluida meningkat
  • kecepatan fluida yang tinggi diubah oleh casing pompa (volute ataudiffuser) menjadi tekanan atau head
Selain pompa sentrifugal, industri juga menggunakan pompa tipe positive displacement. Perbedaan dasar antara pompa sentrifugal dan pompapositive displacement terletak pada laju alir discharge yang dihasilkan oleh pompa. Laju alir discharge sebuah pompa sentrifugal bervariasi bergantung pada besarnya head atau tekanan sedangkan laju alirdischarge pompa positive displacement adalah tetap dan tidak bergantung pada head-nya.
Centrifugal Pump
(click picture to enlarge)Impeller. Ilustrasi aliran fluida dalam impeller sebuah pompa sentrifugal.
Centrifugal Pump
(click picture to enlarge)Sentrifugal vs. Positive Displacement. Laju alir discharge sebuah pompapositive displacement selalu tetap dan tidak tergantung olehtotal dynamic head.
Centrifugal Pump
(click picture to enlarge)Impeller. Beberapa impeller yang digunakan dalam pompa sentrifugal.
Centrifugal Pump
(click picture to enlarge)Performance Curve Kurva perfomansi yang menunjukkan pengaluran data-data head,flow rateefisiensi, dan kebutuhan daya.
Centrifugal Pump
(click picture to enlarge)Perhitungan NPSHa. Berikut ini ilustrasi yang menunjukkan bagaimana perhitungan NPSH avaiable sebuah pompa.
Centrifugal Pump
(click picture to enlarge)Nametag. Contoh name tagsebuah pompa sentrifugal yang terdapat di pabrik. Terlihat bahwa head pompa ialah sebesar 990 ft.

Klasifikasi Pompa Sentrifugal

Pompa sentrifugal diklasifikasikan berdasarkan beberapa kriteria, antara lain:
  1. Bentuk arah aliran yang terjadi di impeller. Aliran fluida dalamimpeller dapat berupa axial flowmixed flow, atau radial flow.
  2. Bentuk konstruksi dari impellerImpeller yang digunakan dalam pompa sentrifugal dapat berupa open impellersemi-open impeller, atauclose impeller.
  3. Banyaknya jumlah suction inlet. Beberapa pompa setrifugal memiliki suction inlet lebih dari dua buah. Pompa yang memiliki satusuction inlet disebut single-suction pump sedangkan untuk pompa yang memiliki dua suction inlet disebut double-suction pump.
  4. Banyaknya impeller. Pompa sentrifugal khusus memiliki beberapaimpeller bersusun. Pompa yang memiliki satu impeller disebut single-stage pump sedangkan pompa yang memiliki lebih dari satu impellerdisebut multi-stage pump.

Terminologi

Beberapa terminologi dan istilah khusus yang sering berkaitan dengan pompa, ialah:
  1. TDH = Total Dynamic Head, yaitu besarnya head pompa. Merupakan selisih antara head discharge dengan head suction; terkadang disebut head atau total head.
  2. BEP = Best Efficiency Point, yaitu kondisi operasi dimana pompa bekerja paling optimum.
  3. NPSHr = Net Positive Suction Head required, yaitu nilai head absolut dari inlet pompa yang dibutuhkan agar tidak terjadi kavitasi.
  4. NPSHa = Net Positive Suction Head available, yaitu nilai head absolut y ang tersedia pada inlet pompa.
  5. Kavitasi, yaitu kondisi dimana terjadinya bubble (gelembung udara) di dalam pompa akibat kurangnya NPSHa (terjadi vaporisasi) dan pecah pada saat bersentuhan dengan impeller atau casing. Agar tidak terjadi kavitasi, maka NPSHa harus lebih besar dari NPSHr.
  6. Minimum flow, yaitu flow rate yang terkecil yang dibutuhkan agar pompa beroperasi dengan baik. Apabila laju alir lebih rendah dari minimum flow, pompa dapat mengalami kerusakan.
  7. Efficiency, yaitu besarnya perbandingan antara energi yang dipakai (input) dengan energi output pompa.
  8. BHP = brake horsepower, yaitu power (daya) yang dibutuhkan oleh pompa untuk bisa bekerja sesuai dengan kurvanya; memiliki satuan hp.

Kurva Perfomansi Pompa

Kurva performansi bermanfaat untuk menggambarkan beberapa parameter unjuk kerja dari pompa yang antara lain:
  1. Besarnya head terhadap flow rate
  2. Besarnya efisiensi terhadap flow rate
  3. Besarnya daya yang dibutuhkan terhadap flow rate
  4. Besarnya NPSHr terhadap flow rate
  5. Besarnya minimum stable continuous flow

Sistem Proteksi Pompa

Agar pompa dapat beroperasi dengan baik, terdapat prosedur proteksi standar yang diterapkan pada pompa sentrifugal. Beberapa standar minimum paling tidak terdiri dari:
  1. Proteksi terhadap aliran balik. Aliran keluaran pompa dilengkapi dengan check valve yang membuat aliran hanya bisa berjalan satu arah, searah dengan arah aliran keluaran pompa.
  2. Proteksi terhadap overload. Beberapa alat seperti pressure switch lowflow switch high, dan overload relay pada motor pompa dipasang pada sistem pompa untuk menghindari overload.
  3. Proteksi terhadap vibrasi. Vibrasi yang berlebihan akan menggangu kinerja dan berkemungkinan merusak pompa. Beberapa alat yang ditambahkan untuk menghindari vibrasi berlebihan ialahvibration switch dan vibration monitor.
  4. Proteksi terhadap minimum flow. Peralatan seperti pressure switch high (PSH), flow switch low (FSL), dan return line yang dilengkapi dengan control valve dipasang pada sistem pompa untuk melindungi pompa dari kerusakan akibat tidak terpenuhinya minimum flow.
  5. Proteksi terhadap low NPSH available. Apabila pompa tidak memiliki NPSHa yang cukup, aliran keluaran pompa tidak akan mengalir dan fluida terakumulasi dalam pompa. Beberapa peralatan safety yang ditambahkan pada sistem pompa ialah level switch low (LSL) dan pressure switch low (PSL).

Minggu, 10 Juli 2011

Ucapan Ulang Tahun Seluruh Dunia


Berikut adalah cara untuk mengatakan "Selamat Ulang Tahun / Happy Birthday" dalam 161 bahasa yang berbeda di dunia.

Jadi, jika salah satu dari teman-teman Anda merayakan ulang tahun, anda bisa mengucapkan dalam bahasa lain, atau jika anda merayakan Ulang Tahun dan dapat ucapan selamat dari teman anda, dan anda tidak mengerti bahasanya, anda bisa lihat ucapan-ucapan dibawah ini.

Selamat Belajar

Language
How to say "Happy Birthday"

Afrikaans
Veels geluk met jou verjaarsdag!

Albanian
Urime ditelindjen!

Alsatian
Gueter geburtsdaa!

Amharic
Melkam lidet!

Arabic
Eid milaad saeed! or Kul sana wa inta/i tayeb/a! (masculine/feminine )

Armenian
Taredartzet shnorhavor! or Tsenund shnorhavor!

Assyrian
Eida D'moladukh Hawee Brikha!

Austrian-Viennese
Ois guade winsch i dia zum Gbuadsdog!

Aymara (Bolivia)
Suma Urupnaya Cchuru Uromankja!

Azerbaijani
Ad gununuz mubarek! — for people older than you
Ad gunun mubarek! — for people younger than you

Basque
Zorionak!

Belauan-Micronesian
Ungil el cherellem!

Bengali (Bangladesh/ India)
Shuvo Jonmodin!

Bicol (Philippines)
Maogmang Pagkamundag!

Bislama (Vanuatu)
Hapi betde! or Yumi selebretem de blong bon blong yu!

Brazil
ParabŽns a voc!
ParabŽns a voc,
nesta data querida muitas felicidades e muitos anos de vida.

Breton
Deiz-ha-bloaz laouen deoc'h!

Bulgarian
Chestit Rojden Den!

Cambodian
Som owie nek mein aryouk yrinyu!

Catalan
Per molts anys! or Bon aniversari! or Moltes Felicitats!

Chamorro
Biba Kumplianos!

Chinese-Cantonese
Sun Yat Fai Lok!

Chinese Fuzhou
San Ni Kuai Lo!

Chiness-Hakka
Sang Ngit Fai Lok!

Chinese-Mandarin
qu ni sheng er kuai le

Chinese-Shanghaiese
San ruit kua lok!

Chinese-Tiociu
Se Jit khuai lak!

Chronia Polla
NA ZHSHS

Croatian
Sretan Rodendan!

Czech
Vsechno nejlepsi k Tvym narozeninam! !

Danish
Tillykke med fodselsdagen!

Dutch-Antwerps
Ne gelukkege verjoardach!

Dutch-Bilzers
Ne geleukkege verjoardoag!

Dutch-Drents
Fellisiteert!

Dutch-Flemish
Gelukkige verjaardag! or Prettige verjaardag!

Dutch-Frisian
Fan herte lokwinske!

Dutch-Limburgs
Proficiat! or Perfisia!

Dutch-Spouwers
Ne geleukkege verjeurdoag!

Dutch-Twents
Gefeliciteard met oen'n verjoardag!

Dutch
Hartelijk gefeliciteerd! or Van harte gefeliciteerd met je verjaardag!

English
Happy Birthday!

Esperanto
Felichan Naskightagon!

Estonian
Palju onne sunnipaevaks!

Euskera
Zorionak zure urtebetetze egunean!

Faroes ( Faroe island )
Tillukku vid fodingardegnum!

Farsi
Tavalodet Mobarak!

Finnish
Hyvaa syntymapaivaa!

French (Canada)
Bonne Fete!

French
Joyeux Anniversaire!

Frisian
Lokkiche jierdei!

Gaelic (Irish)
L‡ breithe mhaith agat!

Gaelic (Scottish)
Co` latha breith sona dhuibh!

Galician (Spain)
Ledicia no teu cumpreanos!

Georgian
Gilotcav dabadebis dges!

German-Badisch
Allis Guedi zu dim Fescht!

German-Bavarian
Ois Guade zu Deim Geburdstog!

German-Berlinisch
Allet Jute ooch zum Jeburtstach! or Ick wuensch da allet Jute zum Jeburtstach!

German-Bernese
Es Muentschi zum Geburri!

German-Camelottisch
Ewllews Gewtew zewm Gewbewrtstewg. Mew!

German-Frankonian
Allmecht! Iich wuensch Dir aan guuadn Gebuardsdooch!

German-Lichtenstein
Haerzliche Glueckwuensche zum Geburtstag!

German-Moselfraenki sch
Haezzlische Glickwunsch zem Gebordsdach!

German-Plattdeutsch
Ick wuensch Di allns Gode ton Geburtsdach!

German-Rhoihessisch
Ich gratelier Dir aach zum Geburtstag!

German-Ruhr
Allet Gute zum Gebuatstach!

German-Saarlaendisc h
Alles Gudde for dei Gebordsdaach!

German-Saechsisch
Herzlischen Gliggwunsch zum Geburdsdaach!

German-Schwaebisch
Aelles Guade zom Gebordzdag!

German-Wienerisch
Ois Guade zum Geburdsdog!

German
Alles Gute zum Geburtstag!

Greek
Eytyxismena Genethlia! or Chronia Pola!

Greenlandic
Inuuinni pilluarit!

Gronings (Netherlands)
Fielsteerd mit joen verjoardag!

Gujarati (India)
Janma Divas Mubarak!

Gujrati (Pakistan)
Saal Mubarak!

Guarani (Paraguay Indian)]
Vy-Apave Nde Arambotyre!

Hawaiian
Hau`oli la hanau!

Hebrew
Yom Huledet Same'ach!

Hiligaynon (Philippines)
Masadya gid nga adlaw sa imo pagkatawo!

Hindi (India)
Janam Din ki badhai! or Janam Din ki shubkamnaayein!

Hungarian
Boldog szuletesnapot! or Isten eltessen!

Icelandic
Til hamingju med afmaelisdaginn!

Indonesian
Selamat Ulang Tahun!

Irish-gaelic
La-breithe mhaith agat! or Co` latha breith sona dhut! Or Breithla Shona Dhuit!

Italian
Buon Compleanno!

Italian (Piedmont)
Bun Cumpleani!

Italian (Romagna)
At faz tent avguri ad bon cumplean!

Japanese
Otanjou-bi Omedetou Gozaimasu!

Indonesia
Met Ultah yach…!

Jerriais
Bouon Anniversaithe!

Kannada (India)
Huttida Habba Subashayagalu!

Kapangpangan (Philippines)
Mayap a Kebaitan

Kashmiri (India)
Voharvod Mubarak Chuy!

Kazakh (Kazakstan)
Tughan kuninmen!

Klingon
Quchjaj qoSlIj!

Korean
Saeng il chuk ha ham ni da!

Kurdish
Rojbun a te piroz be!

Kyrgyz
Tulgan kunum menen!

Latin
Fortuna dies natalis!

Latvian
Daudz laimes dzimsanas diena!

Lithuanian
Sveikinu su gimtadieniu! or Geriausi linkejimaigimtadien io progal

Luganda
Nkwagaliza amazalibwa go amalungi!

Luxembourgeois
Vill Gleck fir daei Geburtsdaag!

Macedonian
Sreken roden den!

Malayalam (India)
Pirannal Aasamsakal! or Janmadinasamsakal!

Malaysian
Selamat Hari Jadi!

Maltese
Nifrahlek ghal gheluq sninek!

Maori
Kia huritau ki a koe!

Marathi (India)
Wadhdiwasachya Shubhechha!

Mauritian Kreol
mo swet u en bonlaniverser!

Mbula (Umboi Island, Papua New Guinea)
Leleng ambai pa mbeng ku taipet i!

Mongolian
Torson odriin mend hurgee!

Navajo
bil hoozho bi'dizhchi-neeji' 'aneilkaah!

Niederdeutsch (North Germany)
Ick gratuleer di scheun!

Nepali
Janma dhin ko Subha kamana!

Norwegian
Gratulerer med dagen!

Oriya (India)
Janmadina Abhinandan!

Papiamento (lower Dutch Antilles)
Masha Pabien I hopi aña mas!

Pashto (Afganistan)
Padayish rawaz day unbaraksha!

Persian
Tavalodet Mobarak!

Pinoy (Philippines)
Maligayang kaarawan sa iyo!

Polish
Wszystkiego Najlepszego! or Wszystkiego najlepszego zokazji urodzin!
wszystkiego najlepszego z okazji urodzin

Portuguese (Brazil)
Parabens pelo seu aniversario! or Parabenspara voce! or Parabens e muitas felicidades!

Portuguese
Feliz Aniversario! or Parabens!

Punjabi (India)
Janam din diyan wadhayian!

Rajasthani (India)
Janam ghaanth ri badhai, khoob jeeyo!

Romanian
La Multi Ani!

Rosarino Basico (Argentina)
Feneligiz Cunumplegeanagonos!

Russian
S dniom razhdjenia! or Pazdravliayu s dniom razhdjenia!

Sami/Lappish
Lihkos Riegadanbeaivvis!

Samoan
Manuia lou aso fanau!

Sanskrit (India)
Ravihi janmadinam aacharati!

Sardinian (Italy)
Achent'annos! Achent'annos!

Schwyzerduetsch (Swiss German)
Vill Glück zum Geburri!

Serbian
Srecan Rodjendan!

Slovak
Vsetko najlepsie k narodeninam!

Slovene
Vse najboljse za rojstni dan!

Sotho
Masego motsatsing la psalo!

Spanish
Feliz Cumplea–os!

Sri Lankan
Suba Upan dinayak vewa!

Sundanese
Wilujeng Tepang Taun!

Surinamese
Mi fresteri ju!

Swahili
Hongera! or Heri ya Siku kuu!

Swedish
Grattis pŒ fšdelsedagen

Syriac
Tahnyotho or brigo!

Tagalog (Philippines)
Maligayang Bati Sa Iyong Kaarawan!

Taiwanese
San leaz quiet lo!

Tamil (India)
Piranda naal vaazhthukkal!

Telugu (India)
Janmadina subha kankshalu!

Telugu
Puttina Roju Shubakanksalu!

Thai
Suk San Wan Keut!

Tibetan
Droonkher Tashi Delek!

Tulu(Karnataka – India)
Putudina dina saukhya!

Turkish
Dogum gunun kutlu olsun!

Ukrainian
Mnohiya lita! or Z dnem narodjennia!

Urdu (India)
Janam Din Mubarak

Urdu (Pakistan)
Saalgirah Mubarak!

Vietnamese
Chuc Mung Sinh Nhat!

Visayan (Philippines)
Malipayong adlaw nga natawhan!

Welsh
Penblwydd Hapus i Chi!

Xhosa (South Afican)
Imini emandi kuwe!

Yiddish
A Freilekhn Gebortstog!

Yoruba (Nigeria)
Eku Ojobi!

Zulu (South Afican)
Ilanga elimndandi kuwe!