Selasa, 19 Juli 2011

Bagaimana cara menjual yang baik

Cara Menjual yang baik

Bagaimana menjual yang baik ?
Menjual merupakan bakat alami manusia, mengapa ? Karena pada dasarnya manusia mempunyai kemampuan untuk menjual. Berikut saya uraikan beberapa hal yang harus diperhatikan untuk bisa sukses dalam menjual.
1. Kenali produk yang akan anda jual
Entah jenis produk apa yang akan anda jual, baik berupa jasa maupun barang, atau mengajak rekan untuk berbisnis, anda harus tahu benar mengenai produk yang akan anda jual ini. Pelajarialah terlebih dahulu produk anda, kelebihan produk anda, keuntungan, kekurangannya, kekuatan, kelemahan, biayanya, jangan sampai anda belum menguasai benar produknya. Ini juga akan menjadi pertimbangan anda untuk menyampaikan informasi tentang produk anda ke orang lain.


2. Sesuaikan penampilan anda
Penampilan menandakan kepribadian anda, orang akan melihat penampilan sebelum berkomunikasi dengan anda. Tentunya jika anda ingin menjual sesuatu kepada orang kalangan atas, setidaknya anda juga mengikuti gaya/tren/penampilan
3. Komunikatif
Ketika anda sudah menjaga penampilan anda langkah yang harus ditempuh adalah carilah calon pembeli sebanyak-banyaknya. Belajarlah untuk bergaul dengan orang lain, pelajarilah etika bergaul serta kunci yang sebenarnya adlah bersikap ramah pada orang lain.
4.Tuntunlah calon pembeli untuk mengambil keputusan
Usahakan anda menjelaskan dengan detail mengenai produk anda kepada pelanggan, yakinkan bahwa produk anda benar-benar menguntungkan. Bila perlu bandingkan dengan produk lainnya. Tapi anda juga harus siap dengan keberatan calon pembeli. Hendaknya anda sudah siap dengan jawabannya. Pastikan tidak ada paksaan dan jangan sampai kita memutuskan tidak bergaul lagi dengannya.
5. Manfaatkan kesempatan yang ada
Ketika calon pembeli mulai tertarik dengan produk kita,segeralah tawar-menawar harga sebelum mereka berubah pikiran, anda juga harus menyiapkan harga yang pantas, jangan sampai anda malah terbujuk rayuannya untuk menjual produk anda dengan harga yang murah.
6. Jangan Mengecewakan
Ini point terakhir, setelah anda menjual produk anda janganlah sampai anda mengecewakannya. Jangan pernah memutuskan komunikasi dan teruslah bersikap ramah, hal ini akan menaikkan image anda di mata pembeli dan ini akan menyebar ke teman-teman mereka ketika mereka benar-benar mengambil manfat dari produk yang kita jual. Kalau kita mengecewakan maka oran lain juga tidak akan percaya lagi.
Ya semuanya juga butuh kesabaran dalam kita menekuninya...jangan lupa berdoa...
dan kunci utamanya adalah KEJUJURAN anda. selamat berjualan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar